Saat ini mobilitas untuk berpindah dari
suatu tempat ke tempat yang lain tidak dapat terelakkan. Indonesia sebagai
negara yang dapat mengikuti arus perkembangan teknologi dan informasi sudah seharusnya
memiliki fasilitas umum untuk mendukung mobilitas dapat terpenuhi dengan baik. Salah
satu sarana transportasi umum yang sering digunakan masyarakat Indonesia adalah
kereta api. Kereta api merupakan moda transportasi darat berbasis jalan rel
yang efisien dan efektif. Hal ini dibuktikan dengan daya yang lebih besar
dibandingkan dengan moda transportasi darat lainnya. Begitu juga dengan
konsumsi bahan bakar kereta api lebih hemat dibandingkan dengan moda
transportasi darat lainnya. Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, perketaapian
di Indonesia seharusnya lebih dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif solusi
dalam menyelesaikan permasalahan kemacetan.
Di Indonesia, peran dari kereta api dirasakan
masih kurang terasa. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan teknologi Teknologi
informasi dan sofware dalam sarana
teknis kereta yang kurang tersentuh oleh pihak PT. Kereta Api Indonesia . Padahal sarana teknis kereta api penumpang
sangat riskan mengalami gangguan yang berujung kepada kecelakaan kereta api
yang setiap tahun masih terjadi. Sebagai
penyedia jasa perkeretaapian sudah
seharusnya PT KAI melakukan studi kelayakan terhadap sarana teknis kereta api penumpang untuk mendukung kenyamanan dan
keamanan para pengguna jasanya.
Menurut
Peraturan Menteri No. 175 Tahun 2015 [1], komponen teknis kereta api berjumlah
11 komponen meliputi Rangka Dasar, Badan Kereta, Kabin Masinis, Bogie,
Peralatan Penerus Daya, Peralatan Penggerak (sumber tenaga), Peralatan
Pengereman, Peralatan Perangkai, Peralatan Pengendali, Peralatan Keselamatan
dan Peralatan Penghalau Rintangan. Komponen-komponen tersebut merupakan salah
satu komponen teknis yang mempengaruhi kelayakan kereta api untuk dapat
dinyatakan laik untuk beroperasi. Untuk menjamin kelaikan operasi sarana
perkeretaapian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mewajibkan 11 komponen teknis kereta api dilakukan pengujian oleh
pemerintah atau lembaga hukum terakreditasi, serta pengawasan dan perawatan
oleh penyelenggara sarana perkeretaapian . Hasil dari pengujian itu akan
diperoleh sertifikat, ditempel di sarana KA yang disertifikasi agar diketahui
oleh masyarakat, bahwa sarana kereta api tersebut memenuhi standar keselamatan
dan keamanan.
Dalam dunia Sains dan Teknik
Informatika, banyak metode yang dapat digunakan dalam sistem pengambilan keputusan
studi kelayakan sebuah permasalahan. Salah satu metode yang dapat digunakan
adalah metode Analytical Hierarchy
Process (AHP). Konsep metode AHP adalah merubah nilai-nilai kualitatif
menjadi nilai kuantitatif sehingga keputusan-keputusan yang diambil bisa lebih
objektif.
Kelebihan dari metode AHP ini
adalah dalam menjelaskan proses pengambilan keputusan dapat digambarkan secara
grafis/hierarki sehingga mudah dipahami oleh semua komponen yang terlibat dalam
pengambilan keputusan.
Oleh karena itu dibuatkan sebuah
inovasi sistem pendukung keputusan untuk melakukan studi kelayakan 11 komponen
teknis kereta api sebagai kriterianya menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Setelah 11 data komponen selesai
diolah menggunakan metode AHP kemudian dibuatkan sebuah prototype sistem yang nantinya dapat dipergunakan oleh pihak PT.KAI
untuk mengetahui layak tidaknya kereta
api bisa beroperasi.
Prinsip Kerja :
1.
Prinsip Pembuatan
Hirarki
Berikut
adalah gambar hirarki kelayakan sarana kereta api
2.
Prinsip Penetapan
Prioritas
Menentukan jenis sarana teknis kereta api seperti yang
ditabelkan pada tabel 3. Tabel membentuk matriks berpasangan. Dimana penetapan nilai prioritas
diambil dari tabel 1.
Tabel 3. Masukan dan Hasil Perhitungan Kriteria
RK
|
BK
|
KM
|
BG
|
PPD
|
PP
|
PRM
|
PR
|
PPG
|
PPS
|
PPR
|
|
Rangka dasar
|
2
|
4
|
6
|
8
|
2
|
4
|
8
|
2
|
4
|
6
|
8
|
Badan kereta
|
2/4
|
2
|
4
|
6
|
8
|
2
|
4
|
6
|
8
|
2
|
4
|
Kabin masinis
|
2/6
|
2/4
|
2
|
4
|
6
|
8
|
2
|
4
|
6
|
8
|
2
|
Bogie
|
2/8
|
2/6
|
2/4
|
2
|
4
|
6
|
8
|
2
|
4
|
6
|
8
|
Peralatan penerus daya
|
2/2
|
2/8
|
2/6
|
2/4
|
2
|
4
|
6
|
8
|
2
|
4
|
6
|
Peralatan penggerak
|
2/4
|
2/2
|
2/8
|
2/6
|
2/4
|
2
|
4
|
6
|
8
|
2
|
4
|
Peralatan pengereman
|
2/8
|
2/4
|
2/2
|
2/8
|
2/6
|
2/4
|
2
|
4
|
6
|
8
|
2
|
Peralatan perangkai
|
2/2
|
2/6
|
2/4
|
2/2
|
2/8
|
2/6
|
2/4
|
2
|
4
|
6
|
8
|
Peralatan pengendali
|
2/4
|
2/8
|
2/6
|
2/4
|
2/2
|
2/8
|
2/6
|
2/4
|
2
|
6
|
2
|
Peralatan keselamatan
|
2/6
|
2/2
|
2/8
|
2/6
|
2/4
|
2/2
|
2/8
|
2/6
|
2/4
|
2
|
4
|
Peralatan penghalang rintang
|
2/8
|
2/4
|
2/2
|
2/8
|
2/6
|
2/4
|
2/2
|
2/2
|
2/2
|
2/4
|
2
|
Data angka yang
terdapat dalam tabel 3 didapatkan dari tabel 1.
Setelah masukan
data tabel 4 di atas, dihasilkan nilai pembagian jumlah kolom yang rumusnya
adalah masing-masing sel pada tabel 4 di atas dibagi dengan jumlah kolom
masing-masing. Hasilnya ditampilkan seperti pada tabel 5.
Tabel 5. Nilai Pembagian Jumlah Kolom
Komponen
|
RK
|
BK
|
KM
|
BG
|
PPD
|
PP
|
PRM
|
PR
|
PPG
|
PPS
|
PPR
|
Total
|
Rangka dasar
|
0,33
|
0,375
|
0,375
|
0,345
|
0,080
|
0,139
|
0,22
|
0,055
|
0,087912
|
0,11
|
0,16
|
2,278
|
Badan kereta
|
0,083
|
0,187
|
0,25
|
0,259
|
0,32
|
0,069
|
0,11
|
0,167
|
0,17
|
0,039
|
0,08
|
1,734
|
Kabin masinis
|
0,055
|
0,046
|
0,125
|
0,172
|
0,24
|
0,279
|
0,055
|
0,111
|
0,132
|
0,15
|
0,04
|
1,405
|
Bogie
|
0,041
|
0,030
|
0,031
|
0,086
|
0,16
|
0,209
|
0,22
|
0,055
|
0,088
|
0,11
|
0,16
|
1,190
|
Peralatan
penerus daya
|
0,16
|
0,023
|
0,020
|
0,021
|
0,080
|
0,139
|
0,16
|
0,22
|
0,044
|
0,079
|
0,12
|
1,066
|
Peralatan
penggerak
|
0,083
|
0,093
|
0,015
|
0,014
|
0,020
|
0,069
|
0,11
|
0,167
|
0,17
|
0,039
|
0,08
|
0,860
|
Peralatan
pengereman
|
0,041
|
0,046
|
0,062
|
0,010
|
0,013
|
0,017
|
0,055
|
0,111
|
0,132
|
0,15
|
0,04
|
0,677
|
Peralatan perangkai
|
0,16
|
0,030
|
0,031
|
0,043
|
0,010
|
0,011
|
0,013
|
0,055
|
0,088
|
0,11
|
0,16
|
0,711
|
Peralatan
pengendali
|
0,083
|
0,023
|
0,020
|
0,021
|
0,040
|
0,008
|
0,009
|
0,013
|
0,044
|
0,11
|
0,04
|
0,411
|
Peralatan
keselamatan
|
0,055
|
0,093
|
0,015
|
0,014
|
0,020
|
0,034
|
0,006
|
0,009
|
0,007
|
0,039
|
0,08
|
0,372
|
Peralatan
penghalang rintang
|
0,041
|
0,046
|
0,0625
|
0,010
|
0,013
|
0,017
|
0,027
|
0,027
|
0,022
|
0,009
|
0,04
|
0,214
|
Sedangkan untuk menghitung Nilai Prioritas Kriteria digunakan
rumus Jumlah Baris pada tabel 5 dibagi dengan banyak kriteria (11). Hasilnya
ditampilkan pada tabel 6.
Tabel 6. Nilai Prioritas Kriteria
Komponen
|
Nilai Prioritas
kriteria
|
Baris
|
Hasil
|
Rangka dasar
|
0,207
|
2,278
|
2,485
|
Badan kereta
|
0,157
|
1,734
|
1,891
|
Kabin masinis
|
0,127
|
1,405
|
1,532
|
Bogie
|
0,18
|
1,190
|
1,298
|
Peralatan
penerus daya
|
0,96
|
1,066
|
1,162
|
Peralatan
penggerak
|
0,078
|
0,860
|
0,938
|
Peralatan
pengereman
|
0,061
|
0,677
|
0,738
|
Peralatan
perangkai
|
0,064
|
0,711
|
0,775
|
Peralatan
pengendali
|
0,037
|
0,411
|
0,448
|
Peralatan
keselamatan
|
0,033
|
0,372
|
0,405
|
Peralatan
penghalang rintang
|
0,019
|
0,214
|
0,233
|
Selanjutnya dilakukan
proses pembagian setiap alternatif dengan cara nilai setiap alternatif dibagi
dengan total nilai setiap kolom, sehingga didapatkan data pada tabel 8a.
Tabel 8a. Rangka Dasar
Alter-natif
|
K1 0
15 01
|
K1 0
15 02
|
K1 0
15 03
|
K1 0
15 04
|
K1 0 15 05
|
JUMLAH
|
K1 0 15 01
|
0,97
|
0,56
|
0,46
|
0,39
|
0,09
|
2,47
|
K1 0 15 02
|
0,25
|
0,28
|
0,31
|
0,29
|
0,36
|
1,49
|
K1 0 15 03
|
0,14
|
0,07
|
0,15
|
0,19
|
0,27
|
0,82
|
K1 0 15 04
|
0,12
|
0,042
|
0,03
|
0,09
|
0,18
|
0,412
|
K1 0 15 05
|
0,48
|
0,035
|
0,02
|
0,02
|
0,09
|
0,645
|
Hasilnya adalah
prioritas nilai sarana teknis kereta api untuk masing-masing kriteria. Hasil
tersebut ditampilkan pada tabel 9. Nilai pada tabel 9 didapatkan dari jumlah
setiap kereta api dibagi dengan jumlah alternatif.
Selanjutnya
adalah menghitung Lamda dengan rumus jumlah baris dibagi prioritas kriteria
yang hasilnya berupa nilai lamda yang ditampilkan pada tabel 10.
Tabel 10. Nilai Lamda untuk masing-masing kriteria
Komponen
|
Jumlah Baris
|
Prioritas
|
Lamda
|
Rangka dasar
|
0,234
|
8,67
|
0,027
|
Badan kereta
|
0,22
|
1,401
|
0,157
|
Kabin masinis
|
0,210
|
1,653
|
0,127
|
Bogie
|
0,195
|
1,806
|
0,108
|
Peralatan
penerus daya
|
0,982
|
10,229
|
0,097
|
Peralatan
penggerak
|
0,1948
|
2,497
|
0,078
|
Peralatan
pengereman
|
0,282
|
4,623
|
0,0609
|
Peralatan
perangkai
|
0,2008
|
3,198
|
0,064
|
Peralatan
pengendali
|
0,346
|
9,351
|
0,037
|
Peralatan keselamatan
|
0,196
|
5,94
|
0,033
|
Peralatan
penghalang rintang
|
0,197
|
10,368
|
0,019
|
Jumlah
|
0,8079
|
||
3. Prinsip Konsistensi
Dari tabel 10 dapat
dihitung nilai lamda (λ) max, CI dan CR dengan rumus pada
persamaan (1), (2), dan (3) yang hasilnya adalah :
1.
λmax =
/n 0,8079/11
= 0,0734
2.
CI = (λmax-n)/(n-1)
= (0,0734-11)/(11-1)
= - 10,92/10
CI = -1,092
3. CR = CI/IRC
= -1,092/1,51
CR = -0,73
Karena CR < 0,1 maka nilai
perbandingan berpasangan pada matriks kriteria yang diberikan konsisten. Selanjutnya
adalah menghitung nilai kriteria tiap-tiap kereta api untuk masing-masing item kriteria
dengan rumus matriks pada tabel 7 dikalikan dengan matriks pada tabel 6.
Hasilnya ditampilkan pada tabel 11.
Tabel 11. Prioritas Global Masing-Masing Kereta Api
|
|
RK
|
BK
|
KM
|
BG
|
PPD
|
PP
|
PRM
|
PR
|
PPG
|
PPS
|
PPR
|
K1 0 15 01
|
0,103
|
0,009
|
0,047
|
0,042
|
0,036
|
0,03
|
0,038
|
0,025
|
0,014
|
0,013
|
0,0076
|
K1 0 15 02
|
0,061
|
0,038
|
0,031
|
0,03
|
0,024
|
0,019
|
0,023
|
0,015
|
0,0085
|
0,0095
|
0,005
|
K1 0 15 03
|
0,034
|
0,027
|
0,021
|
0,018
|
0,39
|
0,013
|
0,013
|
0,011
|
0,0034
|
0,0052
|
0,003
|
K1 0 15 04
|
0,017
|
0,0216
|
0,024
|
0,0093
|
0,01
|
0,008
|
0,0056
|
0,0079
|
0,00479
|
0,0025
|
0,0018
|
K1 0 15 05
|
0,026
|
0,02
|
0,0101
|
0,0065
|
0,0061
|
0,0042
|
0,0053
|
0,0038
|
0,0025
|
0,0021
|
0,0012
|
Terakhir adalah
menghitung prioritas global dengan cara menjumlah baris pada tabel 11, hasilnya
ditampilkan pada tabel 12.
Tabel 12. Prioritas Global
Alternatif
|
Hasil akhir
|
K1 0 15 01
|
0,3646
|
K1 0 15 02
|
0,264
|
K1 0 15 03
|
0,5386
|
K1 0 15 04
|
0,11249
|
K1 0 15 05
|
0,0878
|
Dari tabel 11
dihasilkan nilai Prioritas Global untuk masing-masing kereta api sehingga
urutan kelayakan kereta api untuk dapat beroperasi adalah K1 0 15 03 - K1 0 15 04 - K1 0 15 01 - K1 0 15 02 - K1 0 15 04 - K1 0 15 05.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar